APAKAH ARTI MOMENT OF TRUTH DAN ZERO MOMENT OF TRUTH
Moment Of Truth
Adalah saat saat dimana
perubahan terjadi dari pelanggan yang
skeptis atau khawatir pada service /pelayanan perusahaan berubah menjadi yakin
dan percaya bahkan menjadi loyal.
Saat saat “Moment of Truth “ ini dipicu oleh
percikan emosional berasal dari perusahaan yang memiliki customer service /
frontliner yang handal kepada pelanggan.
Contohnya :
Pada suatu saat seorang
pelanggan ketinggalan pesawat, atau seseorang mendapati pakaiannya koyak di
perjalanan atau kehilangan dokumen.
Apabila Customer Service anda
dapat dengan penuh empati membantu orang tersebut dan menyelesaikan
permasalahannya, maka secara emosional orang tersebut akan mengalami percikan
emosi, yang kemudian akan percaya bahkan loyal terhadap perusahaan anda.
First Moment Of Truth
Adalah saat dimana pelanggan
dihadapkan pada produk di toko atau
perusahaan anda.
Second Moment of Truth
Saat dimana seseorang membeli
dan mencoba menggunakan produk sesuai dengan yang dijanjikan oleh perusahaan
anda.
Third Moment of
Truth
Adalah Reaksi yang diberikan
oleh pembeli, apabila produk dirasa baik dan memuaskan maka orang tersebut akan
menjadi pelanggan setia bahkan dapat menjadi penasehat bagi orang lain melalui
cerita mulut ke mulut atau mempromosikan produk anda.
Zero Moment of Truth
Adalah saat dimana seseorang
akan mencari tahu mengenai produk anda melalui forum forum di internet, tulisan
dan kesaksian orang lain akan sangat mempengaruhi pembelian produk. Menurut
riset google 80% pembeli di Amerika melakukan riset di internet terlebih dahulu sebelum membeli
produk.
Yang terpenting dalam meningkatkan
Customer Service seperti yang disampaikan oleh Daniel Goleman yakni “EQ”
atau Emotional Intelegence.
Customer service yang
memiliki rasa empati, dan menjadi pendengar yang baik akan mampu menganalisa apa
yang paling diinginkan oleh pelanggan.
Mintalah team customer service anda untuk berlatih dan
menggunakan hati saat berhadapan dengan pelanggan untuk dapat menciptakan ZMOT
( Zero Moment of Truth) karena ZMOT hanya dapat diciptakan oleh pelanggan yang
puas dan loyal.
Komentar
Posting Komentar