APAKAH MARKETING SECARA SEDERHANA
Apakah Marketing ?
Apakah benar bahwa Marketing adalah sekedar berjualan
dan mengejar omset yang ditargetkan oleh perusahaan ?. Atau tujuan dari Marketing adalah mengejar keuntungan
untuk perusahaan?.
Banyak orang memiliki title atau jabatan di kartu
namanya sebagai seorang Marketing, namun pada prakteknya orang tersebut bekerja
dan bertindak sebagai penjual semata dan hanya mengetahui produk sekedarnya.
Perbedaan
Sales dengan Marketing pada restoran Pizza Hut.
Saya suka sekali menikmati menu – menu baru di Pizza
Hut, saya rasa anda juga menyukainya, selain banyak menu baru mereka juga
memberi pelayanan yang unik. Ingatkah bahwa setiap kali anda memasuki restoran
keluarga itu, anda akan disambut oleh seorang pramusaji yang mempersilakan anda
duduk, kemudian dia akan memberikan proposal dalam bentuk Menu a la Cart dan
memberikan waktu bagi anda untuk berpikir dan mempelajari produk mereka.
Lantas pramusaji akan datang untuk menanyakan produk
apa yang akan anda pilih, dan mereka akan menawarkan beberapa produk yang lain
sebagai tambahan. Apabila anda bertanya mengenai produk, maka si pramusaji akan
menjawab dengan jelas dan lugas karena mereka memiliki product knowledge yang
cukup memadai. Terakhir mereka akan memberi informasi berapa lama produk dibuat
dan mempersilakan anda menunggu. Apabila produk sudah anda nikmati, pramusaji akan
datang dan menanyakan perihal produk tersebut, apakah sesuai dengan lidah anda
atau kurang.
Para pramusaji akan melakukan evaluasi, dengan mencari
tahu produk apa saja yang disukai pelanggan dan produk yang diinginkan
pelanggan.
Maka tak heran apabila anda menanyakan sebuah produk
yang anda suka, tapi ternyata produk tersebut sudah tidak ada lagi, mungkin anda
menyukai produk tersebut tetapi anda hanya 1 berbanding 10 pelanggan yang kurang menyukai produk tersebut maka
produk itupun dihapus.
Dahulu Pizza Hut tidak menyediakan nasi, namun
mengingat karakter pelanggan di Indonesia yang katanya “belum kenyang kalau
belum makan nasi” maka diciptakanlah menu – menu dengan nasi.
Siapa yang melakukan riset pelanggan ? yang menghapus
dan menciptakan produk ? menentukan harga produk dan menciptakan target ?
Semua dilakukan oleh Marketer, sebuah divisi yang
tidak nampak dari luar namun hasil pemikirannya akan meledak diluar.
Ini sama dengan teori dari Peter Drucker ( leading
management theorist ) yang mengatakan bahwa “ There will always one can assume,
be need for some selling. But the aim of marketing is to make selling superfluous. Marketer akan berusaha menciptakan “The Right Product
“ yakni produk yang dihasilkan oleh kerja marketing yang cermat dan hati –
hati, sehingga produk akan sangat diminati, dan akhirnya kebanjiran order.

Komentar
Posting Komentar