KENALI APA YANG ANDA JUAL
Seandainya anda adalah penjual Nasi Uduk, apakah yang
anda jual ?
Apabila saya bertanya pada seorang penjual nasi uduk, apakah
yang sesungguhnya anda jual kepada pelanggan ?
Banyak akan menjawab, nasi uduk yang gurih, semur
daging yang enak, orek tempe yang garing manis pedas, sambal goreng kentang dan
masih banyak menu yang disebutkan oleh para penjual nasi uduk.
Padahal, seberapapun nikmat nasi uduk anda, apabila
anda menjual kepada orang yang sudah kenyang, maka akan percuma saja.
Sehingga yang sebenarnya dijual oleh seorang penjual
nasi uduk adalah “Nikmatnya rasa kenyang”.
Apabila anda menyadari target pelanggan dengan tepat
maka anda akan membidik para pelanggan yang dalam kondisi lapar atau bahkan
sangat lapar, maka dijamin nasi uduk anda akan laku keras.
Tapi apabila anda telah menemukan target market anda,
jangan lupa untuk membuat “memorable
experience” yang akan menciptakan
“Loyalitas Customer”. Kembali lagi apabila anda sebagai penjual nasi uduk dan anda dapat menciptakan rasa yang berbeda di lidah, harga yang
terjangkau dengan layanan yang ramah dan cekatan, maka yang didapat dari pelanggan
selain cita rasa yang tertinggal dan tersimpan dalam benak, juga akan selalu
ingat pada produk Nasi uduk anda, sehingga akhirnya akan menimbulkan loyalitas bahkan advocate
kepada orang lain. Meskipun mereka kenyang, mereka akan tetap take away
untuk dinikmati nanti atau bahkan membeli untuk teman – temannya.
Disinilah advocate dan Viral marketing akan
berjalan.
Komentar
Posting Komentar