MULTITASKING...BODOHKAH ??
Publilius Syrus, Seorang Philospher dari Romawi pada tahun 100 Masehi ( kala itu Romawi berada pada posisi sangat berkuasa di dunia).
Menuliskan sebuah quote :
" To do two things at once is to do neither "
Suatu kali anda sedang menulis di webex, sekaligus membaca email, memilah file kertas, menulis chat ke sahabat, dan agar anda tidak membuang waktu anda lakukan sambil makan siang....
Anda mungkin berpikir bahwa anda telah melakukan semuanya sekaligus...
tapi tahukan anda bahwa pasti ada yang akan salah !..atau bahkan mengakibatkan penderitaan.
Anda sesungguhnya tidak dapat melakukan segalanya dalam waktu yang bersamaan, yang ada malahan anda menerima resiko multitasking yang disebut sebagai " Switching Cost ".
( komputerpun tidak mampu melakukan sekaligus, mereka berganti ,berpindah layar, dan melakukan pekerjaannya bergantian ).
Apa maksud "Switching Cost ?" ;
Switching cost adalah waktu yang ada pada saat anda berpindah dari tugas yang satu ke tugas yang lain lalu kembali lagi ke tugas awal.
* Atau transisi waktu yang digunakan dari hal yang satu ke hal yang lain.
Contoh :
Anda sedang mengerjakan sebuah laporan yang harusnya selesai dalam waktu 1 jam, tapi tiba - tiba anda harus mengerjakan tugas lain,lalu anda kembali mengerjakan laporan anda kemudian pimpinan anda memanggil dan memerintahkan anda untuk mengerjakan tugas baru, setelah itu anda kembali mengerjakan laporan anda, nah... laporan yang seharusnya dapat selesai dalam waktu 1 jam menjadi lebih panjang karena di tarik, di lepaskan berkali - kali bahkan membuat anda bingung saat memulai lagi.
Bagaimana caranya meminimalisir Switching Cost ?
Tentunya bila pimpinan anda meminta anda mengerjakan sesuatu dan anda katakan " Maaf pak, saya tidak bisa karna saya belum menyelesaikan laporan "...
hal ini tentu akan merugikan karier anda.
Yang anda lakukan adalah, letakkan notes / catatan kecil sebelum anda menutup tugas anda, sehingga saat anda kembali anda sudah tahu harus melanjutkan dari mana.
Itulah cara untuk meminimalisir Switching cost.
Resiko lain menurut Mike Sanders ( advance multitasking ) adalah :
* Task Complexity, setiap kali anda switch selalu timbul rintangan
* Frequency, seamen sering anda switch seamen bank kesalahan
* Distraction, telephone, meeting, emails, suasana brisk, social media, dan emotional distraction
Pilihlah apa yang menjadi prioritas 1 sampai 3 pekerjaan, jangan lebih.
Set goal dan harus dapat diukur berapa lama akan anda kerjakan, gunakan alarm atau suporting tools lainnya, fokus dan tetap di Jalur.
Berikan diri anda hadiah bila anda menyelesaikan semua dengan baik, tapi jangan hukum diri anda apabila anda gagal, tapi evaluasikan dan lihat apakah ada cara yang lain.
Semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar