APAKAH KEGUNAAN ANALISA SWOT
MENGENALI KEKUATAN DAN KELEMAHAN ANDA
Kegunaan SWOT antara lain adalah :
1. Mencari kemungkinan upaya baru atau solusi untuk masalah perusahaan.
2.Mengidentifikasi peluang Anda untuk sukses dalam konteks terhadap ancaman dan memperjelas
arah dan tujuan.
Strenght & Weakness lebih merupakan Internal dan dalam kontrol perusahaan
Opportunities & Threats lebih merupakan External dan tidal dapat di kontrol oleh perusahaan.
STRENGTHS / Kekuatan dapat meliputi :
a. Layanan yang fleksibel dan Khusus(Personal)
b. Layanan khusus atau benefits yang ditawarkan oleh produk anda
c. Pengetahuan atau ketrampilan khusus
WEAKNESSES / Kelemahan dapat meliputi :
a. Lahirnya pesaing baru
b. Versi yang lebih canggih,menarik dan lebih murah dari produk anda
c. Ekonomi yang menurun sehingga menurunkan daya beli pasa
Siapa yang melakukan Analisa SWOT ?
Pada umumnya dilakukan oleh Anggota Team atau Product Manager yang bertanggung jawab dalam merancang Strategy dan penambilan keputusan.
Tetapi akan lebih baik bila mendapat masukan dari para stake holder, karena setiap team dapat memberikan masukan dari sudut pandang yang berbeda, bahkan dalam melihat peluang dan ancaman.
Kapan dan dimana sebaiknya melakukan analisa SWOT ?
Biasanya disaat Reatreat atau dalam sesi perencanaan.
Kondisi santai, dan nyaman dapat menggali kebenaran tentang kelemahan dan kekuatan perusahaan.
Metode SWOT ( Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats ) awalnya dikembangkan untuk bisnis dan industri, tetapi juga berguna dalam bidang usaha lain seperti kesehatan, pembangunan, pendidikan, dan bahkan untuk pertumbuhan pribadi.
Analisa yang apa adanya dan jelas untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman, yang akan membantu Anda untuk membangun gambaran yang lebih jernih
mengenai reputasi Anda di pasar (Market Place).
1. Mencari kemungkinan upaya baru atau solusi untuk masalah perusahaan.
2.Mengidentifikasi peluang Anda untuk sukses dalam konteks terhadap ancaman dan memperjelas
arah dan tujuan.
Strenght & Weakness lebih merupakan Internal dan dalam kontrol perusahaan
Opportunities & Threats lebih merupakan External dan tidal dapat di kontrol oleh perusahaan.
STRENGTHS / Kekuatan dapat meliputi :
a. Layanan yang fleksibel dan Khusus(Personal)
b. Layanan khusus atau benefits yang ditawarkan oleh produk anda
c. Pengetahuan atau ketrampilan khusus
WEAKNESSES / Kelemahan dapat meliputi :
-
Sumber Dana yang terbatas
-
Kurangnya reputasi yang established (Mapan)
-
Sistem akutansi yang tidak efisien
-
Meningkatnya peluang pasa sektor pasar tertentu
-
Adanya Internet untuk menjangkau pasar yang baru
-
Adanya teknologi baru yang memungkinkan anda meningkatkan
kualitas produk
a. Lahirnya pesaing baru
b. Versi yang lebih canggih,menarik dan lebih murah dari produk anda
c. Ekonomi yang menurun sehingga menurunkan daya beli pasa
Siapa yang melakukan Analisa SWOT ?
Pada umumnya dilakukan oleh Anggota Team atau Product Manager yang bertanggung jawab dalam merancang Strategy dan penambilan keputusan.
Tetapi akan lebih baik bila mendapat masukan dari para stake holder, karena setiap team dapat memberikan masukan dari sudut pandang yang berbeda, bahkan dalam melihat peluang dan ancaman.
Kapan dan dimana sebaiknya melakukan analisa SWOT ?
Biasanya disaat Reatreat atau dalam sesi perencanaan.
Kondisi santai, dan nyaman dapat menggali kebenaran tentang kelemahan dan kekuatan perusahaan.
Komentar
Posting Komentar