APAKAH MARKETING IN VENUS ITU ?

Pelanggan VENUS adalah Wo-Men, yakni wanita dan Women Oriented Men, atau pria yang emosional. Menghadapi Pelanggan yang seperti wanita tidaklah mudah karena menyangkut kejujuran, trust,  dan kepercayaan

Shakespeare pernah berkata, “Hell hath no fury like woman scorned”

“Jangan pernah sekali kali membohongi wanita “
karena selamanya ia tak akan mempercayai anda.bukan itu saja ia akan marah besar dan menjadikan anda musuh tak termaafkan.

Pelanggan Venus seperti memiliki indra ke 6, yang dapat mengetahui apakah anda berbohong atau tidak, bukan melalui kata kata tapi melalui suara, expresi wajah dan bahasa tubuh.

Dalam komunikasi Face to Face, informasi yang disampaikan kepada orang lain dengan kata kata hanya 7-10 %, dengan suara 20 – 30 % dan dengan sinyal sinyal non verbal 60 – 80 % yang berupa expresi wajah, emosi, gerakan mata,atau bahasa tubuh yang lain. Dengan  kecanggihan alat sensor otak, pelanggan venus dapat menangkap sinyal baik verbal dan non verbal dengan sangat baik.

Positioning adalah janji atau pertaruhan anda kepada pelanggan. Jadi anda harus melakukan apa saja sesuai dengan dimana anda memposisikan produk anda. Contoh :
BCA memposisikan sebagai “Convinience”
Toyota Kijang memposisikan sebagai “Mobil Keluarga”
Jangan ingkar dengan janji bila janji A, maka harus dipenuhi A jangan B atau C. Sebab sekali ingkar dengan pelanggan Venus, maka nyawa merek anda hanya tinggal 5 %.


Riset terbaru psikologi menunjukan bahwa ketika mata dan telinga menerima sinyal sinyal sensor sebuah object disalurkan oleh apa yang di sebut Thalamus ke otak kemudianke Amygdala (emotional Brain).
Sinyal kedua dari thalamus akan dikirim ke Neo Cortex  ( Thinking Brain ) .Dengan adanya pencabangan antara Amygdala dan Neo Cortex membuat Amygdala merespon lebih cepat sinyal dari indra kita, mengapa ?
Karena route Thalamus ke amigdala lebih pendek dari pada ke Neo Cortex.



Inilah mengapa emosi lebih dahulu menguasai respon ketimbang logika “Reason without feeling is blind

“ First Feeling, second thoughts, the challenge is how we touch the feeling and emotion a gate to get into a customer’s heart “… Daniel Goleman

Komentar

Postingan Populer