PERSIAPKAN MARKETING STRATEGY 2016

            SIAPKAN MARKETING STRATEGY 2016

Kita mulai menutup catatan tahun 2015, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai perencanaan dan menyusun strategi untuk tahun 2016. Di antara pekerjaan pekerjaan yang anda yakini selama periode tahun lalu, maka Strategy Pemasaran sebaiknya anda posisikan sebagai daftar pertama.
Tetapkan sebuah rencana pemasaran secara terperinci dengan tujuan yang jelas, realistis dan terukur (termasuk tenggang waktu), menyediakan anggaran, dan mengalokasikan tanggung jawab.

Buatlah berdasarkan situasi anda saat ini dan tujuan perusahaan di masa depan.
Langkah persiapan untuk membuat strategy bisa anda mulai sebagai berikut :

1. ANALISA SITUASI ANDA SAAT INI
Anda dapat menilai kondisi perusahaan atau brand anda dengan SWOT
Dengan Analisa SWOT anda dapat mengenal situasi internal dan external yang memberi pengaruh pada perusahaan anda.Langkah pertama disarankan untuk melihat Pengaruh Internal terlebih dahulu yaitu : Strenght & Weakness.
Berupa :
-  Sumber Finansial ( dana, budget )
-  Kondisi fisik ( Fasilitas, peralatan )
-  Sumber daya ( karyawan, freelance, dll )
- Proses saat ini ( penjualan, penyelesaian masalah kantor, dll )
     
Setelah menetapkan kondisi Internal, mulailah bergerak ke kondisi  
External yaitu Opportunities & Threats.  
Berupa :
-  Trend Pasar ( market share, Trend pembelian, teknologi baru, pesaing potensial )
-  Pesaing yang anda hadapi
-  Trend ekonomi ( local, nasional, internasional )
-  Kondisi politik, undang – undang, regulasi ekonomi, dampak lingkungan.

Setelah anda menyelesaikan analisa anda, mulai bergerak untuk menyusun konstruksi strategy anda ke depan.

2. PERBAIKI DAN PERKUAT BUYER PERSONA
Merupakan hal yang penting untuk memperbaiki dan memperkuat Buyer Persona. ( Buyer Persona adalah bagaimana cara pandang buyer anda terhadap produk anda sebagai pilihan yang akan mereka beli ).
Buyer persona dapat bergerak atau bergeser mengikuti trend, jadi anda harus sering meluangkan waktu untuk melihat berita atau artikel trend melalui Koran,TV atau online news.
Namun Perubahan Buyer persona tidak telalu cepat, tapi anda harus selalu update, Mulai dari jajaran management hingga front line harus tahu kepada siapa produk mereka di jual ( buyer yang tepat ).

3. SET GOAL 2016
Nah, disaat anda sudah melihat dengan jelas Kondisi keuangan anda, Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan dan ancaman, serta mendifinisikan Buyer Persona ini dapat anda gunakan untuk mempengaruhi Goal / Terget anda.
Intinya apa yang akan anda capai di penghujung tahun 2016.
Pastikan bahwa Goal anda adalah specific, Terukur, Masuk akal, Berfokus pada hasil dan pengaturan waktu yang tepat.
Jangan membuat “ TARGET PENJUALAN NAIK 20% “…
Tapi buat lebih specific misalnya “ TINGKATKAN BASIC PENJUALAN KLIEN NAIK 20% PADA TANGGAL 30 DSEMBER 2016 “.

Dalam menset Target Goal dalam setahun, anda bagi menjadi target per 4 bulanan, lalu anda bagi lagi menjadi Target per bulan dan target per minggu.
Untuk memudahkan dalam memonitor situasi.

Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat penyesuaian untuk taktik pemasaran yang digunakan sepanjang tahun untuk memastikan tujuan Anda terpenuhi.

4. KEMBANGKAN MARKETING CAMPAIGN DAN TAKTIK
Anda telah mengetahui kemampuan perusahaan anda, ancaman dan kesempatan, siapa target anda dan apa yang anda harus capai di tahun 2016.
Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menentukan taktik dan kapan pelaksanaan kampanye marketing anda.

Buat Marketing Campaign yang tepat untuk Cold Prospect, Warm Prospect dan Hot Prospect anda.
Gunakan Advertising media, iklan, seminar, website untuk Cold Prospect
Gunakah Direct email, Public relations taktik untuk Warm Prospect
Email, direct mail, chat atau bahkan telepon untuk memotivasi Hot Prospect anda.

5. SET MARKETING BUDGET
Menentukan budget pemasaran di awal tahun sering mengundang argumentasi,
Karena sebagian berusaha untuk menghitung ulang dana promosi di setiap kondisi dan situasi. Namun dana promosi adalah alat untuk menggerakan strategy dan taktik pemasaran yang telah anda tentukan.

Nah…
Siapkan sumber daya, dana, promosi dan taktik untuk memulai program tahun 2016. Mudah – mudahan semua strategy dan goal yang anda buat mendapat pencapaian di akhir tahun 2016.


Komentar

Postingan Populer