PERSIAPKAN MARKETING STRATEGY 2016
SIAPKAN MARKETING STRATEGY 2016

Tetapkan
sebuah rencana pemasaran secara terperinci dengan tujuan yang jelas, realistis
dan terukur (termasuk tenggang waktu), menyediakan anggaran, dan mengalokasikan
tanggung jawab.
Buatlah berdasarkan situasi anda saat ini
dan tujuan perusahaan di masa depan.
Langkah
persiapan untuk membuat strategy bisa anda mulai sebagai berikut :
1. ANALISA SITUASI
ANDA SAAT INI
Anda
dapat menilai kondisi perusahaan atau brand anda dengan SWOT.
Dengan Analisa SWOT anda dapat mengenal situasi internal dan
external yang memberi pengaruh pada perusahaan anda.Langkah
pertama disarankan untuk melihat Pengaruh Internal terlebih dahulu yaitu : Strenght & Weakness.
Berupa :
- Sumber
Finansial ( dana, budget )
- Kondisi
fisik ( Fasilitas, peralatan )
- Sumber
daya ( karyawan, freelance, dll )
-
Proses saat ini ( penjualan, penyelesaian masalah kantor, dll )
Setelah menetapkan kondisi Internal, mulailah bergerak
ke kondisi
External yaitu Opportunities
& Threats.
Berupa :
- Trend
Pasar ( market share, Trend pembelian, teknologi baru, pesaing potensial )
- Pesaing
yang anda hadapi
- Trend
ekonomi ( local, nasional, internasional )
- Kondisi
politik, undang – undang, regulasi ekonomi, dampak lingkungan.
Setelah anda menyelesaikan analisa anda, mulai bergerak
untuk menyusun konstruksi strategy anda ke depan.
2. PERBAIKI DAN
PERKUAT BUYER PERSONA
Merupakan hal yang penting untuk memperbaiki dan memperkuat
Buyer Persona. ( Buyer Persona adalah bagaimana cara pandang buyer anda
terhadap produk anda sebagai pilihan yang akan mereka beli ).
Buyer persona dapat bergerak atau bergeser mengikuti trend,
jadi anda harus sering meluangkan waktu untuk melihat berita atau artikel trend
melalui Koran,TV atau online news.
Namun Perubahan Buyer persona tidak telalu cepat, tapi anda
harus selalu update, Mulai dari jajaran management hingga front line harus tahu
kepada siapa produk mereka di jual ( buyer yang tepat ).
3. SET GOAL 2016
Nah, disaat anda sudah melihat dengan jelas Kondisi keuangan
anda, Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan dan ancaman, serta mendifinisikan Buyer
Persona ini dapat anda gunakan untuk mempengaruhi Goal / Terget anda.
Intinya apa yang akan anda capai di penghujung tahun 2016.
Pastikan bahwa Goal anda adalah specific, Terukur, Masuk
akal, Berfokus pada hasil dan pengaturan waktu yang tepat.
Jangan membuat “ TARGET PENJUALAN NAIK 20% “…
Tapi buat lebih specific misalnya “ TINGKATKAN BASIC
PENJUALAN KLIEN NAIK 20% PADA TANGGAL 30 DSEMBER 2016 “.
Dalam menset Target Goal dalam setahun, anda bagi menjadi
target per 4 bulanan, lalu anda bagi lagi menjadi Target per bulan dan target
per minggu.
Untuk memudahkan dalam memonitor situasi.
Hal ini memungkinkan
Anda untuk membuat penyesuaian untuk taktik pemasaran yang digunakan sepanjang
tahun untuk memastikan tujuan Anda terpenuhi.
4. KEMBANGKAN
MARKETING CAMPAIGN DAN TAKTIK
Anda telah mengetahui kemampuan perusahaan anda, ancaman dan
kesempatan, siapa target anda dan apa yang anda harus capai di tahun 2016.
Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menentukan taktik dan
kapan pelaksanaan kampanye marketing anda.
Buat Marketing Campaign yang tepat untuk Cold Prospect, Warm
Prospect dan Hot Prospect anda.
Gunakan Advertising media, iklan, seminar, website untuk
Cold Prospect
Gunakah Direct email, Public relations taktik untuk Warm
Prospect
Email, direct mail, chat atau bahkan telepon untuk
memotivasi Hot Prospect anda.
5. SET MARKETING
BUDGET
Menentukan budget pemasaran di awal tahun sering mengundang
argumentasi,
Karena sebagian berusaha untuk menghitung ulang dana promosi
di setiap kondisi dan situasi. Namun dana promosi adalah alat untuk menggerakan
strategy dan taktik pemasaran yang telah anda tentukan.
Nah…
Siapkan sumber daya,
dana, promosi dan taktik untuk memulai program tahun 2016. Mudah – mudahan semua
strategy dan goal yang anda buat mendapat pencapaian di akhir tahun 2016.
Komentar
Posting Komentar