APAKAH INTERNET DAN PERANGKAT DIGITAL DAPAT MENGANCAM PENJUALAN PERUSAHAAN ?

Cara berpikir manusia saat ini mengenai Smartphone : 

1.     “Hp saya pergi kemanapun saya pergi, saya bisa mati tanpa dia “ ( melebihi segalanya)
2.     “Saya bekerja, membayar tagihan, membaca Koran, resep makanan” ( Life supporting)
3.     “ Saya bisa mendapatkan apa saja,dimana saja, 24 jam 7 hari “
4.     “ saya tahu segalanya, perangkat ini memungkinkan saya lebih pintar” ( pengetahuan ada di telapak tangan )
5.     “Sendiri bukan berarti kesepian, saya selalu terkoneksi dan dapat menghibur diri sendiri”

Perubahan perilaku manusia saat ini antara lain meliputi : 

1. Perubahan Penggunaan Perangkat. 
    - Pengguna tablet dari 9% menjadi 23%
    - Pengguna smart phone dari 9% menjadi 43%

2. Perubahan Cara Berpromosi. 












3. Perubahan dalam expektasi pelanggan
     50% pelanggan menunggu respons dalam waktu 4 jam

4. Perubahan dalam bagaimana kita tetap terhubung
     Dekat atau jauh = dekat

5. Perubahan terus menerus dalam cara pembayaran

Perubahan Cara Berpikir manusia pastinya mempengaruhi cara berpikir pelanggan. 

Internet Habit / Kebiasaan para pengguna Internet :
·       5 Jam terkait dengan internet setiap hari
·       1 gadget untuk mengakses internet
o   HI memiliki gadget banyak  ( high end )
o   LO focus pada handphone  ( low segment )

Sehingga kemampuan yang dimiliki pelanggan saat ini karena dipengaruhi perangkat Digital antara lain : 


   

  1. Kemampuan pelanggan untuk berbelanja langsung ke substansi meningkat.
     Contoh : -       Pembeli dapat membandingkan kualitas & harga produk dalam hitungan detik
-      Pembeli tidak harus mengantri mencari cari produknya tetapi dapat menunjuk 
        produk yang diinginkan dan langsung membayar dengan kredit card tanpa antri        
                 -      Customer dapat membeli ticket,hotel, tour produk promo atau bahkan barang lelang. 

    2. Jenis produk yang lebih beragam baik barang dan jasa
    Contoh : - Amazon.com
                     Memasarkan jutaan jenis buku, sementara tidak ada toko buku di dunia yang secara fisik               
                     menjual buku sebanyak itu.

    3. Berbagai informasi & pengetahuan dalam jumlah luar biasa
     Contoh : - Orang dapat membaca koran di dunia dengan berbagai bahasa
                   - Orang dapat meng-access online ensiklopedia,
                     kamus,informasi medis,rating film,dll
    4. Berbagai informasi & pengetahuan dalam jumlah luar biasa
     Contoh : - Orang dapat membaca koran di dunia dengan berbagai bahasa
                   - Orang dapat meng-access online ensiklopedia,
                     kamus,informasi medis,rating film,dll

Beberapa rekan saya cukup resah karena adanya kekhawatiran mengenai pelanggan yang lambat laun berpindah meninggalkan perusahaan konvensional menuju perusahaan - perusahaan virtual.

Namun sebagai Marketer, perangkat digital bukan merupakan ancaman namun dapat sangat membantu kemampuan/Kapabilitas perusahaan juga, antara lain : 

1.INFORMASI & PEMASARAN YANG LEBIH POWERFULL
         a. Website perusahaan yang berisi berbagai informasi mengenai
             perusahaan yang bersangkutan,mulai dari sejarah perusahaan,
             bussiness philosophy,produk yang dipasarkan,yang dapat di  
             access customer ( tidak mungkin ditulis dalam sebuah brosur ).
          b. Melakukan riset pasar,customer competitor,termasuk mengirim questionaire
          c. Menciptakan produk baru hasil browsing
          d. Private intranet yaitu komunikasi antar department dalam Perusahaan
          e. Two way communications antar customer & perusahaan
          f. Pengiriman barang & contoh produk
          g. Mencari karyawanlangsung ke orang yang tepat     
2. Perusahaan akan memproduksi jumlah barang lebih tepat, komunikasi langsung ke
     sasaran, harga yang dibuat juga akan lebih relevan.

Perangkat Digital juga menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru dan terkoneksi.

Apakah Digital Marketing dapat digunakan oleh Usaha Kecil & Menengah ?

Jawabnya tentu YA...
Digital marketing dapat membantu Usaha kecil dan menengah karena :
-       Efisiensi biaya
-       Menemukan pasar dan terkoneksi
Indonesia 2014 :
·       230 juta pengguna ponsel
·       50% ( usia 25tahun + )
·       60% internet capable
·       25% smartphone  

Dengan Digital anda dapat melakukan Push & Pull Marketing :

PUSH
Iklan berbayar, pasang produk
PULL
Iklan Gratis, ciptakan daya tarik
Channel
SMS, USSD Push, eMail
Blog, Banner, Social
Praktek Umum
Meningkatkan penjualan
Memperluas pasar
Mendapat pelanggan baru
Membuat daya tarik pelanggan atas produk yang baru
Kasus Penggunaan
Bukan untuk terkoneksi
Dapat mengganggu bila dilakukan dengan cara yang salah
Dapat menciptakan hubungan khususnya bila pelanggan mencari informasi

Beberapa hal yang perlu kita pelajari bersama, antara lain :
4. Media Sosial marketing 
5. Digital Strategy 

Mari sama sama kita pelajari dan nikmati perangkat digital dan Internet demi kemajuan bersama. 




Komentar

Postingan Populer