BAGAIMANA MENGHITUNG ROI DI PENJUALAN DIGITAL ?
Digital
artinya dapat diukur.
“Digital
adalah tools bagi Marketing untuk mencapai Goal “
Salah
satu ukuran keberhasilan yang ingin diraih marketer adalah “Return On Investment”
Marketer
harus mengetahui kanal – kanal digital marketing dengan mengamati jenis media
digital yang menjadi favorit pelanggan.
Kanal
yang memiliki ROI tinggi :
· E-mail 38%
· Website 21%
· Facebook 16%
ROI
kanal tersebut tinggi karena dua layanan yang paling banyak di pakai sebab conversion stepsnya kecil. Artinya hanya membutuhkan 2 – 3 klik calon pembeli
hingga membeli.
Beberapa
istilah dalam pengukuran ROI antara lain :
1. click, visit,like,follower dan response
2. List Growth
3. Open Rates
4. Click through rates
5. Landing page conversion rates
Mari kita melihat satu persatu.
E-mail Marketing
Tetapi
tidak murah bila anda mengirim ribuan bahkan jutaan email tergantung kekuatan
Server
Karena
itu perusahaan harus membeli software yang mampu mengirim email dalam jumlah
banyak, beberapa provider e-mail blast menawarkan Rp 10 / email atau 100ribu
email dapat seharga Rp 1juta , nilai ini tidak besar bila anda mengirim email
tepat sasaran
Cara
menghitung adalah :
-
Jumlah
pertumbuhan list ( list growth )
-
Jumlah terbukanya
laman ( Open rates )
-
Jumlah klik untuk
membuka ( click through rates )
-
Nilai konversi
dari jumlah klik pada halaman ( landing page )
Email
Marketing ( EM ) merupakan tools marketing yang digunakan untuk menaikan
penjualan, mengakuisisi
( memperoleh )
konsumen baru, maupun retain (
mempertahankan ) konsumen.
Saat
ini pengguna EM di Indonesia hanya 5% - 6% setelah brosure
Menurut
Radicati & Forrester ( 2013 ) jumlah akun email akan naik secara global,
Dari
4,1 milyar di tahun 2014, menjadi 5,2 milyar di akhir tahun 2018 ( kenaikan
27%)
Total
pengguna email baik bisnis atau pribadi mengalami kenaikan 12%
2,5
milyar di tahun 2014 menjdai 2,8 milyar tahun 2018
Setiap
jam ada 122.500.435.020 email terkirim, 100.000 email dikirim oleh perusahaan
sisanya adalah personal.
Sebanyak
72% pengguna internet dewasa mengirim dan menerima email setiap minggu melalui
smartphone mereka.
Mengapa
Marketer sebaiknya menggunakan e-mail marketing ?
1. Keampuhan EM 20 kali lipat dari e-mail secara langsung
( one to one ) dan menaikan ROI sebesar US$40 di setiap US$ 1 yang dikeluarkan.
2. EM mudah diukur : berapa orang membuka email ( open
rate ) dan CTR ( click thru rate)
3. Setelah melakukan kampanye email, maka marketer dengan
mudah mem follow up baik dengan mengirim email ke dua atau menelpon.
Sebuah penilitian di AS
menunjukan bahwa marketer hanya 34% menggunakan media social,
Karena cara menghitung ROI
di media social lebih menantang
Anda harus melibatkan banyak
keterikatan seperti :
· jumlah
pengunjung
· jumlah buzz
· Dan yang tersulit adalah anda tidak dapat mengontrol
Kekuatan
konten yang harus diperbaharui dan rajin disampaikan membuat pekerjaan campaign
di media social terasa berat Tapi bila efek “Viral” terjadi membuat
merek anda dari "Nothing menjadi Something".
· follower
· Like
· Retweets
· Repins
· Web mentions sampai ke punjualan
Alat
menganalisis media social :
· Google Analitycs
· Shortener Link google
· Twitter analytics
· Tweetreach
· Facebook insight
· Hootsuite
FACEBOOK
: orang melihat ponselnya 100 X sehari
dan mengecek akun facebooknya 14X sehari
TWITTER : 3,6% news, 3,7% SPAM, 6,9% Self
promotion, 8,7% personal value
37% control social ,
40,5% pointless bubble ( bussiest selasa&rabu 13.00 – 16.00)
jangan masuk di
bussiest
Cara
mengukur Website : PPC setara dengan PPV
Cara
mengukur Face book : Jumlah like dan talk about this rate
Cara
mengukur Twitter : Jumlah mentioned
dikalikan jumlah follower dari tiap akun yg
mementioned
WEB BANNER
Web
banner mulai dikurangi oleh para marketer karena sering dianggap mengganggu
oleh pembaca, namun gangguan ini dapat di dikurangi dengan membuat iklan banner
yang menarik
Sasaran
yang diinginkan : audience yang meng-klik iklan tersebut
Maka
banyak media yang menawarkan “pay per klik “
Cara
mengukur :
· jumlah klik dari iklan
· jumlah landing page yang diraih
· tracking nilai konversi
WEBSITE
Tujuan
adalah berapa banyak pengunjung dari web anda ( traffic )
Berapa
banyak halaman web yang mereka masuki
Jumlah
down load hingga tingkat penjualan setelah mereka memasuki website anda
Alat
analisis : Google analytics dan alexa
Untuk
mencapai urutan pertama di mesin pencari sering dijadikan pencapaian dari
investasi yang telah anda lakukan. Jika ada konsultan yang menawarkan taktik
agar website anda berada di ranking tinggi / urutan teratas, bukan kampanyenya
tapi manipulasi di program web anda,jumlah backlink dan hal lain yang
membutuhkan programmer
Komentar
Posting Komentar