BAGAIMANA MENGHITUNG ROI DI PENJUALAN DIGITAL ?

Digital artinya dapat diukur.

“Digital adalah tools bagi Marketing untuk mencapai Goal “
Salah satu ukuran keberhasilan yang ingin diraih marketer adalah “Return On Investment”

Marketer harus mengetahui kanal – kanal digital marketing dengan mengamati jenis media digital yang menjadi favorit pelanggan.

Kanal yang memiliki ROI tinggi :
·       E-mail 38%
·       Website 21%
·       Facebook 16%
ROI kanal tersebut tinggi karena dua layanan yang paling banyak di pakai sebab conversion stepsnya kecil. Artinya hanya membutuhkan 2 – 3 klik calon pembeli hingga membeli.

Beberapa istilah dalam pengukuran ROI antara lain :
1.     click, visit,like,follower dan response
2.     List Growth
3.     Open Rates
4.     Click through rates

5.     Landing page conversion rates

      Mari kita melihat satu persatu. 

     E-mail Marketing

Kampanye bersifat personal dengan biaya rendah ( Hampir tidak ada biaya )
Tetapi tidak murah bila anda mengirim ribuan bahkan jutaan email tergantung kekuatan Server
Karena itu perusahaan harus membeli software yang mampu mengirim email dalam jumlah banyak, beberapa provider e-mail blast menawarkan Rp 10 / email atau 100ribu email dapat seharga Rp 1juta , nilai ini tidak besar bila anda mengirim email tepat sasaran

Cara menghitung adalah :
-       Jumlah pertumbuhan list ( list growth )
-       Jumlah terbukanya laman ( Open rates )
-       Jumlah klik untuk membuka ( click through rates )
-       Nilai konversi dari jumlah klik pada halaman ( landing page )

Email Marketing ( EM ) merupakan tools marketing yang digunakan untuk menaikan penjualan, mengakuisisi 

( memperoleh )  konsumen baru, maupun retain  ( mempertahankan ) konsumen.      
Saat ini pengguna EM di Indonesia hanya 5% - 6% setelah brosure

Menurut Radicati & Forrester ( 2013 ) jumlah akun email akan naik secara global,
Dari 4,1 milyar di tahun 2014, menjadi 5,2 milyar di akhir tahun 2018 ( kenaikan 27%)

Total pengguna email baik bisnis atau pribadi mengalami kenaikan 12%
2,5 milyar di tahun 2014 menjdai 2,8 milyar tahun 2018

Setiap jam ada 122.500.435.020 email terkirim, 100.000 email dikirim oleh perusahaan sisanya adalah personal.

Sebanyak 72% pengguna internet dewasa mengirim dan menerima email setiap minggu melalui smartphone mereka.

Mengapa Marketer sebaiknya menggunakan e-mail marketing ?

1.     Keampuhan EM 20 kali lipat dari e-mail secara langsung ( one to one ) dan menaikan ROI sebesar US$40 di setiap US$ 1 yang dikeluarkan.
2.     EM mudah diukur : berapa orang membuka email ( open rate ) dan CTR ( click thru rate)
3.     Setelah melakukan kampanye email, maka marketer dengan mudah mem follow up baik dengan mengirim email ke dua atau menelpon.

 MEDIA SOSIAL


Sebuah penilitian di AS menunjukan bahwa marketer hanya 34% menggunakan media social,
Karena cara menghitung ROI di media social lebih menantang
Anda harus melibatkan banyak keterikatan seperti :
·       jumlah pengunjung
·       jumlah buzz
·       Dan yang tersulit adalah anda tidak dapat mengontrol
Kekuatan konten yang harus diperbaharui dan rajin disampaikan membuat pekerjaan campaign di media social terasa berat Tapi bila efek “Viral” terjadi membuat merek anda dari "Nothing menjadi Something".



Cara pengukuran :
·       follower
·       Like
·       Retweets
·       Repins
·       Web mentions sampai ke punjualan

       Alat menganalisis media social :
·       Google Analitycs
·       Shortener Link google
·       Twitter analytics
·       Tweetreach
·       Facebook insight
·       Hootsuite

FACEBOOK : orang melihat ponselnya 100 X sehari  dan mengecek akun facebooknya 14X sehari
TWITTER    : 3,6% news, 3,7% SPAM, 6,9% Self promotion, 8,7% personal value
                            37% control social , 40,5% pointless bubble ( bussiest selasa&rabu 13.00 – 16.00)
                            jangan masuk di bussiest

Cara mengukur  Website    : PPC setara dengan PPV
Cara mengukur Face book : Jumlah like dan talk about this rate
Cara mengukur Twitter      : Jumlah mentioned dikalikan jumlah follower dari tiap akun yg      
                                                         mementioned

WEB BANNER

Web banner mulai dikurangi oleh para marketer karena sering dianggap mengganggu oleh pembaca, namun gangguan ini dapat di dikurangi dengan membuat iklan banner yang menarik

Sasaran yang diinginkan : audience yang meng-klik iklan tersebut
Maka banyak media yang menawarkan “pay per klik “

Cara mengukur :
·       jumlah klik dari iklan
·       jumlah landing page yang diraih
·       tracking nilai konversi

WEBSITE

Tujuan adalah berapa banyak pengunjung dari web anda ( traffic )
Berapa banyak halaman web yang mereka masuki
Jumlah down load hingga tingkat penjualan setelah mereka memasuki website anda

Alat analisis : Google analytics dan alexa
Untuk mencapai urutan pertama di mesin pencari sering dijadikan pencapaian dari investasi yang telah anda lakukan. Jika ada konsultan yang menawarkan taktik agar website anda berada di ranking tinggi / urutan teratas, bukan kampanyenya tapi manipulasi di program web anda,jumlah backlink dan hal lain yang membutuhkan programmer



Komentar

Postingan Populer