LANGKAH - LANGKAH STRATEGY MARKETING

Dalam mengejar penjualan yang superfluos dibutuhkan Langkah Lagkah Strategy dalam Marketing

1.SEGMENTASI PASAR
Marketer membagi pasar berdasarkan penelitian demografis, psychographic dan behavior differences 
( tingkah laku ) antar pembeli yang terdiri dari : 
a.Demografis
b.Psychographic
c.Behavior diffrences
d.Geografis

1.1 Segment Demografis adalah :
Segment pasar yang dibagi berdasarkan Usia, Ras,Agama, Gender, Ukuran Keluarga, Etnik, Income dan pendidikan. Bertujuan untuk memilih target yang lebih akurat, dan dapat membagi pasar dalam beberapa kategori pelanggan.
Mengapa kita membagi segmen berdasarkan Demografis karna kebanyakan adanya loyalitas, atau Fanatisme dari segment – segment tersebut, dan bahkan bila mereka membeli produk mereka akan memberi Advocate kepada teman – temannya.

1.2 Segment Psychographic adalah :
Segment pasar yang dibagi berdasarkan ciri – ciri Kepribadian seseorang, nilai ( Value ), Perilaku,kepentingan dan gaya hidup. Tujuannya adalah agar kita mampu mengembangkan dan memasarkan produk lebih tepat ke sasaran yang disesuaikan dengan Needs & Wants

1.3 Behavior Diffrences adalah :
Segment pasar yang dibagi berdasarkan “ Perilaku konsumsi berbagai kelompok pelanggan “, dengan mempertimbangkan gaya hidup mereka, pola membeli dan menggunakan produk , pola bagaimana mereka menghabiskan uang dan waktu, dan faktor yang sama diantara mereka.
Tujuannya agar kita dapat melihat lebih spesific Niches ( Relung ) dan keinginan pasar tersebut, atau lebih jelasnya kita dapat menciptakan produk baru atau produk yang khusus.

1.4 Segment  Geographis  adalah :
Segment pasar yang dibagi berdasarkan area Geografis misalnya wilayah geografis, seperti kota, daerah, negara, daerah (seperti Jawa Barat), atau wilayah internasional (seperti Asia)
segmen pasar pedesaan, pinggiran kota, dan perkotaan. Segment pasar juga dapat dibagi berdasarkan iklim atau populasi penduduk di daerah masing-masing.
Agar kita dapat melakukan pendekatan yang lebih efektif dengan pasar nasional atau internasional. Karena pelanggan ( konsumen ) berbeda beda di berbagai daerah  dengan kebutuhan yang berbeda, keinginan, dan karakteristik budaya yang berbeda – beda.
Apa yang dibutuhkan pasar di Pedesaan dan perkotaan berbeda, pasar di pegunungan dan pantai, atau area beriklim panas dan dingin juga berbeda.


Komentar

Postingan Populer