LANGKAH - LANGKAH STRATEGY MARKETING
Dalam mengejar penjualan
yang superfluos dibutuhkan Langkah Lagkah Strategy dalam Marketing
1.SEGMENTASI PASAR
Marketer membagi pasar
berdasarkan penelitian demografis, psychographic dan behavior differences
(
tingkah laku ) antar pembeli yang terdiri dari :
a.Demografis
b.Psychographic
c.Behavior
diffrences
d.Geografis
Segment pasar yang dibagi
berdasarkan Usia, Ras,Agama, Gender, Ukuran Keluarga, Etnik, Income dan
pendidikan. Bertujuan untuk memilih target yang lebih akurat, dan dapat membagi
pasar dalam beberapa kategori pelanggan.
Mengapa kita membagi segmen
berdasarkan Demografis karna kebanyakan adanya loyalitas, atau Fanatisme dari
segment – segment tersebut, dan bahkan bila mereka membeli produk mereka akan
memberi Advocate kepada teman – temannya.
1.2 Segment Psychographic adalah :
Segment pasar yang dibagi
berdasarkan ciri – ciri Kepribadian seseorang, nilai ( Value ),
Perilaku,kepentingan dan gaya hidup. Tujuannya adalah agar kita mampu
mengembangkan dan memasarkan produk lebih tepat ke sasaran yang disesuaikan
dengan Needs & Wants
1.3 Behavior Diffrences adalah :
Segment pasar yang dibagi
berdasarkan “ Perilaku konsumsi berbagai kelompok pelanggan “, dengan
mempertimbangkan gaya hidup mereka, pola membeli dan menggunakan produk , pola
bagaimana mereka menghabiskan uang dan waktu, dan faktor yang sama diantara
mereka.
Tujuannya agar kita dapat
melihat lebih spesific Niches ( Relung ) dan keinginan pasar tersebut, atau
lebih jelasnya kita dapat menciptakan produk baru atau produk yang khusus.
1.4 Segment
Geographis adalah :
Segment pasar yang dibagi
berdasarkan area Geografis misalnya wilayah geografis, seperti kota, daerah,
negara, daerah (seperti Jawa Barat), atau wilayah internasional (seperti Asia)
segmen pasar pedesaan,
pinggiran kota, dan perkotaan. Segment pasar juga dapat dibagi berdasarkan
iklim atau populasi penduduk di daerah masing-masing.
Agar kita dapat melakukan
pendekatan yang lebih efektif dengan pasar nasional atau internasional. Karena
pelanggan ( konsumen ) berbeda beda di berbagai daerah dengan kebutuhan yang berbeda, keinginan, dan
karakteristik budaya yang berbeda – beda.
Apa yang dibutuhkan pasar di
Pedesaan dan perkotaan berbeda, pasar di pegunungan dan pantai, atau area
beriklim panas dan dingin juga berbeda.
Komentar
Posting Komentar