PULL STRATEGY
MENDENGARKAN PELANGGAN
Manusia pada dasarnya mempunyai kebutuhan manusiawi untuk diperhatikan,
demikian juga calon pelanggan, mereka ingin didengar dan diperhatikan oleh penyedia jasa.
Mendengar ( Hearing ) mengacu pada suara yang Anda dengar, misalnya suara kendaraan, suara musik, sedangkan mendengarkan ( Listening )membutuhkan lebih dari itu. Mendengarkan membutuhkan fokus, berarti menaruh perhatian tidak hanya cerita, tapi bagaimana cara orang ( Pelanggan ) mengatakan, cara menggunakan bahasa dan suara, dan bagaimana orang mengexpresikan gerakan tubuhnya.
Dengan kata lain, anda harus mengerti pesan verbal dan non-verbal. Kemampuan Anda untuk mendengarkan secara efektif tergantung pada sejauh mana Anda melihat dan memahami pesan.
Mendengar dan memahami pelanggan,
berarti mengumpulkan informasi sebagai bahan atau petunjuk untuk menentukan
langkah selanjutnya. ( Pull / Tarik ).
OBSERVASI PELANGGAN
Observasi adalah upaya memperoleh informasi mengenai pelanggan
dari gerak gerik , ekspresi wajah dan lainnya yang merupakan isyarat yang
mengandung arti kuat dalam komunikasi non verbal.
Contoh body language : tersenyum, kening berkerut,
muka merah, dan sebagainya.
Contoh
Body Movement : Menggeleng, menunjuk, dsb
Contoh Motif pembelian : alasan
pembelian yang bersifat
Ekonomis, sosiologis, psikologis
Berpikir / mengira adalah kemampuan untuk menghubungkan antara
satu hal dengan hal lainnya untuk mengambil tindakan nyata.
Sebagai seorang Sales anda harus memiliki keahlian untuk Mendengar dan meng-Observasi orang lain, khususnya pelanggan anda sehingga anda dapat mengira apa yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan.
Komentar
Posting Komentar