PULL STRATEGY

MENDENGARKAN PELANGGAN

Manusia pada dasarnya mempunyai kebutuhan manusiawi untuk diperhatikan, demikian juga calon pelanggan, mereka ingin didengar dan diperhatikan oleh penyedia jasa.

Mendengar ( Hearing ) mengacu pada suara yang Anda dengar, misalnya suara kendaraan, suara musik, sedangkan mendengarkan ( Listening )membutuhkan lebih dari itu.                Mendengarkan membutuhkan fokus, berarti menaruh perhatian tidak hanya cerita, tapi bagaimana cara orang ( Pelanggan ) mengatakan, cara menggunakan bahasa dan suara, dan bagaimana orang mengexpresikan gerakan tubuhnya. 
Dengan kata lain, anda harus mengerti  pesan verbal dan non-verbal. Kemampuan Anda untuk mendengarkan secara efektif tergantung pada sejauh mana Anda melihat dan memahami pesan.

Mendengar dan memahami pelanggan, berarti mengumpulkan informasi sebagai bahan atau petunjuk untuk menentukan langkah selanjutnya. ( Pull / Tarik ).

OBSERVASI PELANGGAN 

Observasi adalah upaya memperoleh informasi mengenai pelanggan dari gerak gerik , ekspresi wajah dan lainnya yang merupakan isyarat yang mengandung arti kuat dalam komunikasi non verbal.
Contoh body language : tersenyum, kening berkerut, 
                                        muka merah, dan sebagainya.  
Contoh Body Movement : Menggeleng,  menunjuk, dsb
Contoh  Motif pembelian : alasan pembelian yang bersifat 
                                           Ekonomis, sosiologis, psikologis


Berpikir / mengira adalah kemampuan untuk menghubungkan antara satu hal dengan hal lainnya untuk mengambil tindakan nyata. 
Sebagai seorang Sales anda harus memiliki keahlian untuk Mendengar dan meng-Observasi orang lain, khususnya pelanggan anda sehingga anda dapat mengira apa yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan. 



Komentar

Postingan Populer