APAKAH DIGITAL CHANNEL ?

DIGITAL CHANNEL & CRATIVE TACTICS

Beberapa hal yang perlu kita sama sama ketahui : 

Device : Perangkat yang digunakan end user  ( ponsel. Tab,notebook ) dengan beragam fitur
Access : Ragam konektifitas yang digunakan end user untuk menghubungkan perangkatnya dengan   
                  layanan yang digunakan. ( SMS, USSD, Internet App, blue tooth,RFID,dll )
Application : Ragam layanan untuk kebutuhan tertentuyang diselenggarakan oleh pihak ke tiga,
                  Misalnya : games, news,social,commerce,search, untuk menarik penggunanya.
                  Layanan ini mempunyai model bisnis yang sangat kreatif


Secara details sebagai berikut : 

Faedah dari Device : 
Contohnya dalam sebuah kelas ;
Secara mobile dapat mendorong keterlibatan siswa dengan konten. Siswa dapat menjawab jajak pendapat, tweet pertanyaan, dan mencari informasi selama kuliah.
selain menemukan informasi real-time, aplikasi juga dapat memberikan siswa dengan alat studi yang mudah dan nyaman.Mari kita lihat bahwa ada sejumlah  penerbit buku saat ini menempatkan konten mereka secara online - yang berarti bahwa seorang siswa dapat memanfaatkan konten sambil beraktifitas atau kursus on-the-go.


Arti Access 
menurut kamus artinya adalah "alat untuk mencari (data) untuk mentransfer dari satu bagian dari sistem komputer ke komputer lain, umumnya antara perangkat penyimpanan eksternal dan penyimpanan utama. Contoh  : Siapapun yang mengetahui ID pin ( password ) pribadi orang lain maka  ia akan mampu membuka mail messages atau voicemail messages orang tersebut.

Arti Application : 
Application atau aplikasi sering disebut program produktivitas atau program end-user karena mereka memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti membuat dokumen, spreadsheet, database, dan publikasi, melakukan riset online, mengirim email, merancang grafis, menjalankan bisnis, dan bahkan bermain game! 
Software aplikasi khusus untuk tugas sederhana seperti kalkulator. 
Atau yang lebih rumit berupa Word Processing Application ( aplikasi pengola kata ).
Ketika Anda mulai membuat dokumen, word processing software (perangkat lunak pengolah kata ) telah menetapkan margin, gaya font dan ukuran, dan jarak baris untuk Anda. 
Anda juga dapat mengubah pengaturannya dengan memilih format yang tersedia. 
word processor application dapat dengan mudah menambahkan warna, judul,gambar atau menghapus, menyalin, memindahkan, dan mengubah tampilan dokumen sesuai dengan kebutuhan Anda.

Contoh : 
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata populer yang termasuk dalam software suite 
software suite adalah kumpulan aplikasi perangkat lunak dengan fungsi terkait.
Misalnya, perangkat lunak perkantoran berisi pengolah kata, spreadsheet, database, presentasi, dan aplikasi email. Sedangkan untuk Graphics suite adalah Adobe Creative Suite yang berisi editing image bahkan audio production.

Untuk Digital Marketing Channel salah satunya adalah SMS ( Short Message Service ).
SMS adalah Layanan Pesan Singkat  atau pesan teks. 
SMS atau 'teks' biasanya dikirim dari satu ponsel ke yang lain, tetapi juga dapat dikirim dari beberapa telepon rumah. Ini adalah cara cepat dan mudah mengirim pesan singkat kepada seseorang.

Apa yang terjadi dengan promosi melalui SMS ?  
·       90 % Target audience membaca dalam waktu 3 menit
·       98% Target Audience membuka ( link / landing page )
·       Melakukan
·       Tetapi Sulit diatur

Taktik Lainnya adalah pengguna perangkat seperti Ponsel,tab,notebook, Mobile network dan Wifi
Targetkan dengan melihat sejarah kehidupan mereka, apa yang mereka buka di internet. 
Sedangkan channel lain berupa QR code dan website. 


Melalui MEDIA SOSIAL
Sebuah penilitian di Amerika menunjukan bahwa hanya 34% marketer menggunakan media social,
Karena cara menghitung ROI di media social lebih menantang
Anda harus melibatkan banyak keterikatan seperti :
·       jumlah pengunjung
·       jumlah buzz
·       Dan yang tersulit adalah anda tidak dapat mengontro

Kekuatan konten yang harus diperbaharui dan rajin disampaikan membuat pekerjaan campaign di media social terasa berat
Tapi bila efek “Viral” terjadi membuat merek anda dari Nothing menjadi Something.

Dengan WEB BANNER
Web banner mulai dikurangi oleh para marketer karena sering dianggap mengganggu oleh pembaca, namun gangguan ini dapat di dikurangi dengan membuat iklan banner yang menarik

Sasaran yang diinginkan : audience yang meng-klik iklan tersebut
Maka banyak media yang menawarkan “pay per klik “

Dengan WEBSITE
Tujuan adalah berapa banyak pengunjung dari web anda ( traffic )
Berapa banyak halaman web yang mereka masuki
Jumlah down load hingga tingkat penjualan setelah mereka memasuki website anda.

Komentar

Postingan Populer