BAGAIMANAKAH STRATEGY EMAIL MARKETING YANG EFEKTIF ?
E-MAIL MARKETING STRATEGY
Apa
yang harus dilakukan EM agar efektif ?
1. Hal terutama adalah DATABASE.
Pengukuran
akan sulit bila database kacau, karena database adalah backbone
Kelola
database sesuai dengan target pasar, semakin lengkap data dan targeted makin
baik dan powerful. Penentuan atribut /
field database berupa nama, perusahaan, jabatan, nomor telepon,dan alamat
merupakan hal yang penting.
2. Implementasi Strategy Segmentasi
Marketer
akan membuat kampanye EM dengan konten yang ada relevansinya dengan segment
tertentu, maka dengan senang hati si penerima akan membukanya dan bahkan
meneruskan kepada teman – temannya.
3.
Terukur
Kita
tidak tahu apakah email kita masuk inbox atau malah spam, berapa cepat waktu
yang dibutuhkan dalam pengiriman ke ribuan bahkan ratusan ribu database email,
sejam, satu hari, atau seminggu. Tapi saat ini sudah tersedia platform EM yang
bisa diandalkan.
Salah
satu platform EM yang dapat diandalkan ialah Netcore, dan Mailchimp.
Yang
membedakan setiap software adalah ketepatan waktu kirim, kebebasan dalam
mengirim email ( tidak ada batasan )
Jika
keputusan anda menggunakan EM sebagai tools anda, sebaiknya anda memperhatikan
:
1. Jika bisnis anda di bidang e-commerse anda
diperbolehkan melakukan email blast 1-3X setiap harinya
2. Jika hanya informasi produk atau event maksimal 3 X
seminggu
3. Jika berupa promosi disarankan 2 email per minggu
4. Jika bisnis anda media, pengiriman maksimal 4 email
per minggu
Intinya
tidak disarankan mengirimkan email lebih dari 4 email dalam 1 minggu.
Catatan :
Membangun Email List Anda
1. Memiliki penawaran yang bagus
Tips nomor satu adalah Anda harus memiliki penawaran yang bagus.
Anda tidak dapat membangun email list jika Anda tidak memiliki insentif. Namun,
memiliki penawaran bagus tidak cukup. Penawaran penjualan Anda harus menjadi
solusi untuk masalah pembaca Anda. Ini harus berisi informasi berharga yang akan
meyakinkan mereka bahwa Anda memiliki kredibilitas dan keahlian untuk
memecahkan masalah mereka.
Proses menghasilkan sebuah ide atau ideation tampaknya mudah
tapi itu salah satu bagian terberat marketer. Jika Anda tidak dapat
menyampaikan ide yang baik untuk penawaran Anda berikutnya, Anda bisa
menggunakan panduan berikut untuk membantu Anda :
· Anda
perlu mengetahui ” masalah” yang dihadapi oleh pengunjung situs Anda. Mengapa
orang- orang datang ke situs Anda ? cobalah lihat analytic Anda untuk mencari organic
traffic Anda. Ini akan memberitahu Anda apa masalah yang dihadapi oleh user
Anda.
· Gunakan
pilihan Google Analytics “site search” untuk mencari tahu apa yang orang
cari di situs Anda pada saat baru pertama kali mereka “mendarat”. Ini akan
memberikan wawasan tentang apa yang orang-orang cari di situs Anda.
Pada dasarnya, tawaran Anda harus mencairkan “es” yang ada pada
customer Anda. Setelah ini dilakukan, Anda dapat fokus dalam membangun hubungan
dengan mereka.
Catatan
:
Untuk
situs e -commerce, insentif yang bisa Anda berikan untuk opt-in ke email list
Anda bisa berupa 25 % kupon diskon. Bonobos.com melakukan hal ini ketika Anda
masuk ke situs mereka.
2 . Buatlah penawaran Anda tidak mahal atau
gratis
Tips berikutnya yang bisa membantu Anda membangun email list
Anda lebih cepat adalah dengan membuat penawaran gratis. Penting untuk diingat
bahwa kebanyakan orang memiliki tingkat resistensi yang tinggi. Biasanya, hal
ini disebabkan fakta bahwa mereka telah memiliki pengalaman buruk di masa lalu
di mana orang telah mencoba untuk menjual mereka barang-barang mahal yang tidak
mereka butuhkan, tidak inginkan, dan tidak akan pernah digunakan. Ingat, mereka
ini user baru yang tidak mempercayai Anda. Anda perlu membangun hubungan baik
melalui kualitas konten dan penawaran yang baik untuk mereka. Cara terbaik
untuk menghilangkan hambatan ini adalah dengan membuat penawaran yang terlalu
bagus untuk ditolak. Kita semua ingin mendapatkan deal terbaik terutama jika
itu gratis. Jadi cobalah buat penawaran gratis Anda.
ViperChill menawarkan konten gratis untuk memilih ke email list
email mereka. Anda dapat dengan mudah melakukan hal yang sama. Lihat screenshot
di bawah ini.
3 . Tempatkan form pendaftaran email di tempat
yang strategis
Setelah Anda memiliki tawaran menarik, langkah berikutnya Anda
akan harus menempatkan kotak opt -in di tempat-tempat strategis di situs
Anda. Tentu saja ini adalah cara yang seharusnya, namun, yang mengejutkan
banyak situs yang tidak memiliki kotak form tersebut di tempat strategis. Tempat
yang paling efektif adalah di bagian atas situs/blog menggunakan featuredbox,
di sidebar kanan dan setelah setiap posting blog. Studi mengatakan bahwa ini
adalah di mana mata Anda biasanya bertanya-tanya saat melakukan scanning
website situs. Derek Halpern dari social trigger
menjelaskan bagaimana menggunakan featured box di blog-nya untuk menaikkan
jumlah subscriber sebesar 51 persen !
Pro tip : Masukan kotak opt in di setiap posting blog. Ini
berfungsi sebagai pengingat dan cara menawarkan yang sempurna bagi pembaca Anda
untuk berlangganan dan menerima update reguler dari Anda.
4 . Pertimbangkan untuk menggunakan pop up
Ya, memang hal ini bisa sangat menyebalkan,tetapi jika digunakan
dengan benar, pop up sangat efektif. Dengan penawaran yang tepat, pop up form
dapat membantu menangkap sejumlah besar lead untuk bisnis Anda . Ini adalah
salah satu metode yag digunakan Neil Patel untuk membangun list
pelanggan nya hingga 243 % !.Apakah Anda memilih untuk menggunakan metode ini
atau tidak itu terserah Anda, bagaimanapun, metode ini layak dipertimbangkan.
Langkah berikutnya dalam
membangun sebuah email list yang solid adalah untuk terlibat dengan email list
Anda – seperti bagaimana pasangan yang baru menikah. Di sinilah tingkat
kesulitan tertinggi. Kemampuan Anda untuk berhubungan secara efektif dengan
email list Anda akan menentukan seberapa sukses Anda dalam menjalan promosi
online. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan :
5 . Tulis subjek yang menarik perhatian
Pikirkan baris subjek Anda seperti trailer film. Tujuan dari
trailer film adalah untuk “menyuruh” Anda untuk menonton film secara tidak
langsung. Demikian juga tujuan dari baris subjek email Anda adalah untuk
mendorong orang membuka email Anda dan membaca apa yang ingin
Anda sampaikan. Oleh karena itu masuk akal untuk menulis sebaris subjek
email yang yang menarik untuk pelanggan Anda.
6 . Gunakan teks biasa atau HTML sederhana
Setelah Anda mendapat perhatian subscriber Anda dengan baris
subjek Anda, Anda ingin memastikan mereka akan membaca email Anda. Selalu
pastikan email yang dikirim dalam teks biasa atau HTML sederhana. Ini akan
memungkinkan pembaca Anda untuk membuka dan membaca email dengan mudah pada
perangkat apapun yang mereka gunakan. Secara pribadi, pasti menyebalkan
jika harus menunggu untuk menggunakan komputer hanya untuk membaca email
dari blogger favorit Anda. Kemungkinan besar bahwa subscriber Anda tidak akan
membaca email Anda jika mereka tidak dapat mengaksesnya kapan dan bagaimana
mereka inginkan.
7 . Personalisasi pesan Anda
Ya, kita mungkin akan masuk lebih dalam ke era digital di mana
kontak manusia semakin berkurang, namun, ini SEHARUSNYA TIDAK menjadi cara Anda
mendekati email list Anda. Selalu sapa email list Anda dengan nama mereka. Ini
adalah cara yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan, kredibilitas dan ”
disukai ” oleh orang-orang dalam email list Anda. Penting untuk diingat bahwa
tujuan utama Anda dengan email list Anda adalah untuk membangun sebuah
hubungan.
Komentar
Posting Komentar