BAGAIMANAKAH STRATEGY EMAIL MARKETING YANG EFEKTIF ?

E-MAIL MARKETING STRATEGY
Apa yang harus dilakukan EM agar efektif ?


1. Hal terutama adalah DATABASE.
Pengukuran akan sulit bila database kacau, karena database adalah backbone
Kelola database sesuai dengan target pasar, semakin lengkap data dan targeted makin baik dan powerful. Penentuan  atribut / field database berupa nama, perusahaan, jabatan, nomor telepon,dan alamat merupakan hal yang penting.



2. Implementasi Strategy Segmentasi
Marketer akan membuat kampanye EM dengan konten yang ada relevansinya dengan segment tertentu, maka dengan senang hati si penerima akan membukanya dan bahkan meneruskan kepada teman – temannya.

3. Terukur
Kita tidak tahu apakah email kita masuk inbox atau malah spam, berapa cepat waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman ke ribuan bahkan ratusan ribu database email, sejam, satu hari, atau seminggu. Tapi saat ini sudah tersedia platform EM yang bisa diandalkan.
Salah satu platform EM yang dapat diandalkan ialah Netcore, dan Mailchimp.
Yang membedakan setiap software adalah ketepatan waktu kirim, kebebasan dalam mengirim email ( tidak ada batasan )

Jika keputusan anda menggunakan EM sebagai tools anda, sebaiknya anda memperhatikan :
1.     Jika bisnis anda di bidang e-commerse anda diperbolehkan melakukan email blast 1-3X setiap harinya
2.     Jika hanya informasi produk atau event maksimal 3 X seminggu
3.     Jika berupa promosi disarankan 2 email per minggu
4.     Jika bisnis anda media, pengiriman maksimal 4 email per minggu
Intinya tidak disarankan mengirimkan email lebih dari 4 email dalam 1 minggu.

Catatan :

Membangun Email List Anda

1. Memiliki penawaran yang bagus
Tips nomor satu adalah Anda harus memiliki penawaran yang bagus. Anda tidak dapat membangun email list jika Anda tidak memiliki insentif. Namun, memiliki penawaran bagus tidak cukup. Penawaran penjualan Anda harus menjadi solusi untuk masalah pembaca Anda. Ini harus berisi informasi berharga yang akan meyakinkan mereka bahwa Anda memiliki kredibilitas dan keahlian untuk memecahkan masalah mereka.
Proses menghasilkan sebuah ide atau ideation tampaknya mudah tapi itu salah satu bagian terberat marketer. Jika Anda tidak dapat menyampaikan ide yang baik untuk penawaran Anda berikutnya, Anda bisa menggunakan panduan berikut untuk membantu Anda :
·       Anda perlu mengetahui ” masalah” yang dihadapi oleh pengunjung situs Anda. Mengapa orang- orang datang ke situs Anda ? cobalah lihat analytic Anda untuk mencari organic traffic Anda. Ini akan memberitahu Anda apa masalah yang dihadapi oleh user Anda.
·       Gunakan pilihan  Google Analytics “site search” untuk mencari tahu apa yang orang cari di situs Anda pada saat baru pertama kali mereka “mendarat”. Ini akan memberikan wawasan tentang apa yang orang-orang cari di situs Anda.
Pada dasarnya, tawaran Anda harus mencairkan “es” yang ada pada customer Anda. Setelah ini dilakukan, Anda dapat fokus dalam membangun hubungan dengan mereka.

Catatan :
Untuk situs e -commerce, insentif yang bisa Anda berikan untuk opt-in ke email list Anda bisa berupa 25 % kupon diskon. Bonobos.com melakukan hal ini ketika Anda masuk  ke situs mereka.

2 . Buatlah penawaran Anda tidak mahal atau gratis
Tips berikutnya yang bisa membantu Anda membangun email list Anda lebih cepat adalah dengan membuat penawaran gratis. Penting untuk diingat bahwa kebanyakan orang memiliki tingkat resistensi yang tinggi. Biasanya, hal ini disebabkan fakta bahwa mereka telah memiliki pengalaman buruk di masa lalu di mana orang telah mencoba untuk menjual mereka barang-barang mahal yang tidak mereka butuhkan, tidak inginkan, dan tidak akan pernah digunakan. Ingat, mereka ini user baru yang tidak mempercayai Anda. Anda perlu membangun hubungan baik melalui kualitas konten dan penawaran yang baik untuk mereka. Cara terbaik untuk menghilangkan hambatan ini adalah dengan membuat penawaran yang terlalu bagus untuk ditolak. Kita semua ingin mendapatkan deal terbaik terutama jika itu gratis. Jadi cobalah buat penawaran gratis Anda.
ViperChill menawarkan konten gratis untuk memilih ke email list email mereka. Anda dapat dengan mudah melakukan hal yang sama. Lihat screenshot di bawah ini.

3 . Tempatkan form pendaftaran email di tempat yang strategis
Setelah Anda memiliki tawaran menarik, langkah berikutnya Anda akan harus menempatkan kotak opt -in di tempat-tempat strategis di situs Anda. Tentu saja ini adalah cara yang seharusnya, namun, yang mengejutkan banyak situs yang tidak memiliki kotak form tersebut di tempat strategis. Tempat yang paling efektif adalah di bagian atas situs/blog menggunakan featuredbox, di sidebar kanan dan setelah setiap posting blog. Studi mengatakan bahwa ini adalah di mana mata Anda biasanya bertanya-tanya saat melakukan scanning website situs. Derek Halpern dari social trigger menjelaskan bagaimana menggunakan featured box di blog-nya untuk menaikkan jumlah subscriber sebesar 51 persen !
Pro tip : Masukan kotak opt in di setiap posting blog. Ini berfungsi sebagai pengingat dan cara menawarkan yang sempurna bagi pembaca Anda untuk berlangganan dan menerima update reguler dari Anda.

4 . Pertimbangkan untuk menggunakan pop up
Ya, memang hal ini bisa sangat menyebalkan,tetapi jika digunakan dengan benar, pop up sangat efektif. Dengan penawaran yang tepat, pop up form dapat membantu menangkap sejumlah besar lead untuk bisnis Anda . Ini adalah salah satu metode  yag digunakan Neil Patel untuk membangun list pelanggan nya hingga 243 % !.Apakah Anda memilih untuk menggunakan metode ini atau tidak itu terserah Anda, bagaimanapun, metode ini layak dipertimbangkan.
Langkah berikutnya dalam membangun sebuah email list yang solid adalah untuk terlibat dengan email list Anda – seperti bagaimana pasangan yang baru menikah. Di sinilah tingkat kesulitan tertinggi. Kemampuan Anda untuk berhubungan secara efektif dengan email list Anda akan menentukan seberapa sukses Anda dalam menjalan promosi online. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan :

5 . Tulis subjek yang menarik perhatian
Pikirkan baris subjek Anda seperti trailer film. Tujuan dari trailer film adalah untuk “menyuruh” Anda untuk menonton film secara tidak langsung. Demikian juga tujuan dari baris subjek email Anda adalah untuk mendorong orang membuka email Anda dan membaca apa yang ingin Anda sampaikan. Oleh karena itu masuk akal untuk menulis sebaris subjek email yang yang menarik untuk pelanggan Anda.

6 . Gunakan teks biasa atau HTML sederhana
Setelah Anda mendapat perhatian subscriber Anda dengan baris subjek Anda, Anda ingin memastikan mereka akan membaca email Anda. Selalu pastikan email yang dikirim dalam teks biasa atau HTML sederhana. Ini akan memungkinkan pembaca Anda untuk membuka dan membaca email dengan mudah pada perangkat apapun yang mereka gunakan. Secara pribadi, pasti menyebalkan  jika harus menunggu untuk menggunakan komputer hanya untuk membaca email dari blogger favorit Anda. Kemungkinan besar bahwa subscriber Anda tidak akan membaca email Anda jika mereka tidak dapat mengaksesnya kapan dan bagaimana mereka inginkan.

7 . Personalisasi pesan Anda
Ya, kita mungkin akan masuk lebih dalam ke era digital di mana kontak manusia semakin berkurang, namun, ini SEHARUSNYA TIDAK menjadi cara Anda mendekati email list Anda. Selalu sapa email list Anda dengan nama mereka. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan, kredibilitas dan ” disukai ” oleh orang-orang dalam email list Anda. Penting untuk diingat bahwa tujuan utama Anda dengan email list Anda adalah untuk membangun sebuah hubungan.



Komentar

Postingan Populer